Tuesday, 20 April 2010

Hatta Rajasa: Pertumbuhan 7 Persen Sebelum 2014

Liputan6.com, Tampak Siring: Menko Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan, target pertumbuhan ekonomi 7 persen dapat tercapai sebelum 2014. Demikian saat ditemui dalam rapat kerja Presiden di Istana Tampak Siring, Bali, Senin (19/4).

Saat ini, menurut dia, tren pertumbuhan sekarang terus meningkat akibat perekonomian membaik, dan membuat angka pertumbuhan pada 2011 dapat mencapai di atas angka 6 persen. "Kalau sekarang, kuartal I 5,7 persen, biasanya tren pada kuartal kedua tidak akan jauh dari angka itu dan kuartal ketiga akan kembali naik lagi. Artinya, tren pertumbuhan itu akan terus naik," ujarnya.

Untuk itu, Hatta juga mengatakan optimistis, dengan asumsi makro pertumbuhan ekonomi sebesar 5,8 persen, yang disepakati pemerintah dengan DPR pada rapat RAPBNP.

Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida S Alisjahbana juga mengatakan Indonesia dapat mencapai target pertumbuhan ekonomi 7 persen sebelum 2014. "Kita bisa mencapai 7 persen sebelum 2014," ujarnya. Namun, ia mengatakan asumsi target tersebut dapat tercapai dengan mempertimbangkan faktor kondisi ekonomi global.

Dalam paparan Menko Perekonomian Hatta Rajasa, di hadapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam rapat kerja itu, pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 7 - 7,7 persen pada 2014, yang salah satunya dicapai dengan mendorong investasi dan membenahi sektor infrastruktur.

Pada 2009, pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 4,5 persen, lebih tinggi dari asumsi semula 4,3 persen dan asumsi makro dalam RAPBN 2010 menunjukkan pemerintah beserta DPR menargetkan pertumbuhan ekonomi 5,8 persen. (YUS)
Sumber: Liputan6.com

0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih Banyak Atas Komentarnya... Jangan Lupa Baca Artikel Yang Lain Ya.... :)