Thursday, 2 April 2009

MENATA PEREKONOMIAN BANGSA KITA

Oleh Siti Halimah

Maraknya berita berita penggunaan produk dalam negeri, membuat saya berfikir mengenai sebuah ide untuk pertumbuhan ekonomi. Ide yang orisinil berasal dari benak saya, tidak lazim, dan radikal. Namun saya memberanikan diri untuk mengirimkan ide saya, saya pikir mungkin akan bermanfaat bagi bangsa ini, bermanfaat bagi pembangunan guna menghadapi krisis ekonomi global.

Jika penggunaan produk dalam negeri sungguh sungguh meningkat, maka pertumbuhan perekonomian akan meningkat.Namun walau hal ini sungguh terjadi, pajak yang dilimpahkan kepada masyarakat dan perusahaan sungguh sangat memberatkan.

gaji sedikit namun harga barang barang mahal, keuntungan perusahaan pas pasan tapi beban banyak. Alangkah baiknya jika pemerintah mengeluarkan kebijakan penurunan pajak. Hal ini akan membuat perusahaan gembira, karena penurunan pajak berarti laba perusahaan meningkat. Sehingga penurunan pajak akan disertai dengan pertumbuhan dalam perekonomian. Banyaknya investor investor yang berinvestasi di Indonesia. Banyaknya perusahaan yang berinvestasi akan membuat anggaran pendapatan Negara meningkat. Hal ini kembali menguntungkan negara dan melajunya tingkat pertumbuhan ekonomi. Sebaiknya untuk mengatasi krisis ekonomi global adalah memberantas tindakan korupsi, di tingkat pemerintahan yang sudah dilakukan. Sogok menyogok dalam jumlah yang sangat besar untuk tender, hal ini akan membebankan perusahaan, dan mengakibatkan harga barang barang naik. Hal yang terbaik menurut saya langkah pertama guna menghadapi krisis ekonomi global adalah pemberantasan korupsi, yang sekarang sudah dilakukan oleh presiden SBY, dan penurunan pajak. Hal ini akan menguntungkan untuk iklim investasi di Indonesia.

Hal kedua hal yang sebaiknya dilakukan adalah peningkatan gaji pegawai. Peningkatan gaji pegawai dapat perusahaan lakukan karena perusahaan mendapatkan keuntungan lebih karena pengurangan pajak. Peningkatan gaji pegawai membuat masyarakat lebih banyak memperoleh uang( Masyarakat yang makmur akan mengakibatkan iklim politik stabil, investasi meningkat , pertumbuhan ekonomi melaju ) . Peningkatan pendapatan ini akan disertai dengan peningkatan simpanan/ tabungan dan tingkat konsumsi masyarakat. Karena masyarakat menggunakan produk dalam negeri, keuntungan kembali kepada perekonomian bangsa .Peningkatan tabungan akan mengakibatkan bank mendapatkan banyak customer, dan kembali menguntungkan pemerintah.

0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih Banyak Atas Komentarnya... Jangan Lupa Baca Artikel Yang Lain Ya.... :)