Monday, 25 April 2011

Mangga Bung Karno Simbol Persahabatan Mesir-Indonesia

Kairo - Mesir-Indonesia memiliki kedekatan sejak awal kemerdekaan. Yang unik, perkembangan kerjasama kedua negara ditunjukkan dengan terus berkembangnya mangga hadiah presiden Soekarno.

Hal itu disampaikan Duta Besar Mesir yang pernah bertugas di Jakarta Ezzat Saad pada perayaan hari jadi ke-40 Lembaga Persahabatan Mesir-Indonesia (LPMI) di Kairo.

Menurut Saad, presiden Soekarno dulu memberikan bibit mangga khas Indonesia langsung kepada presiden Nasser dalam suatu pertemuan di Kairo.

"Mangga tersebut kini di Mesir dikenal dengan Mangga Sukarno," jelas Saad, seperti disampaikan Sekretaris III Pensosbud KBRI Kairo Ali Andika Wardhana dalam keterangan persnya kepada detikcom, Sabtu (23/4/2011).

Lanjut Saad, Indonesia merupakan negara sangat penting dan strategis bagi Mesir. Alasannya, karena Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia, Indonesia juga merupakan negara terkemuka di ASEAN, serta memainkan peranan penting di berbagai organisasi internasional lainnya.

Wujud perkembangan kerjasama tersebut saat ini juga direfleksikan dalam hubungan ekonomi dan perdagangan yang kuat antara kedua negara.

Dikatakan, hubungan Mesir-Indonesia akan terus dapat dikembangkan oleh LPMI. Di usia ke-40, lembaga ini akan semakin memiliki peranan memajukan kerjasama kedua negara demokratis dengan penduduk muslim besar di dunia tersebut.

Sementara itu mantan Menteri Wakaf Dr. Mohamed El Ahmady Abou El Nour juga mengamini apa yang disampaikan oleh Dubes Ezzat Saad dengan mengemukakan bahwa Indonesia sangat dekat di hati rakyat Mesir.

"Oleh karenanya kedua bangsa memiliki modal besar untuk mewujudkan kemitraan lebih kuat di masa mendatang," demikian El Nour.(DetikNews.com)

0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih Banyak Atas Komentarnya... Jangan Lupa Baca Artikel Yang Lain Ya.... :)