Friday, 13 November 2009

LIPI Kukuhkan Tiga Profesor Riset

Jakarta, (ANTARA News) - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembali akan mengukuhkan tiga orang profesor riset yakni Dr Hery Harjono, Dr Leonardus Broto Sugeng Kardono dan Drs Daliyo MA.

Pengukuhan tersebut akan dilakukan pada 13 November 2009, pukul 13.00 di Gedung Widya Graha LIPI, Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Dr Leonardus Broto Sugeng Kardono yang akan dikukuhkan sebagai profesor riset di bidang kimia organik dengan orasinya berjudul "Pengembangan Bahan Baku Obat Berbasis Sumber Daya Hayati" di Jakarta, Kamis menjelaskan bahwa Indonesia sebagai salah satu negara "megabiodiversity" memiliki potensi sumber daya alam hayati yang dapat dieksplorasi dan dikembangkan untuk kemudian dilakukan teknik-teknik sintesa maupun semisintesa sehingga dapat menghasilkan sumber atau bahan baku obat baru.

"Beberapa diantaranya telah berhasil diisolasi dan dikembangkan serta diuji sekitar 49 buah senyawa potensial obat," katanya.

Sementara Drs Daliyo MA dengan orasi ilmiah berjudul "Relevansi Penelitian Ketenagakerjaan dengan Pembangunan" akan dikukuhkan sebagai profesor riset bidang penduduk.

Menurutnya, hingga februari 2009 tingkat pengangguran terbuka masih mencapai 8,14 persen sementara peningkatan ekonomi nasional pada tahun 2007 hingga 2008 baru mencapai 6,4 persen.

"Hal ini mencerminkan tingkat kemiskinan belum mengalami penurunan," katanya.

Menurutnya, untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi diperlukan iklim investasi yang kondusif antara lain perbaikan infrastruktur dan perbaikan kepastian hukum.

Sementara profesor ketiga yang akan dikukuhkan adalah Dr Hery Harjono sebagai profesor riset dibidang geologi dan geofisika.

Ia akan menyampaikan orasinya yang berjudul "Geodinamika dan Pola Kegempaan Busur Jawa-Sumatra.(*)

Sumber: Antaranews.com


0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih Banyak Atas Komentarnya... Jangan Lupa Baca Artikel Yang Lain Ya.... :)