Monday, 19 September 2016

surat terbuka untuk orangtua santri



Kepada yang terhormat Para Orangtua/wali santri

Ujian Mid Semester anak kita akan dimulai sebentar lagi. Saya tahu kita cemas dan berharap anak kita berhasil dalam ujiannya.

Tapi, mohon diingat, di tengah-tengah para santri yang akan menjalani ujian itu, ada calon seniman, yang tidak perlu mengerti Matematika.

Ada calon pengusaha, yang tidak butuh pelajaran Sejarah atau Sastra.

Ada calon musisi, yang nilai Biologi-nya tak akan berarti.

Ada calon olahragawan, yang lebih mementingkan fisik daripada Matematika di sekolah.

Ada calon photografer yang lebih berkarakter dengan sudut pandang seni berbeda yang tentunya ilmunya bukan dari sekolah ini.

Sekiranya anak Kita mendapat nilai yang teratas, hebat! Tapi bila tidak, mohon jangan rampas rasa percaya diri dan harga diri mereka.

Katakan saja: "tidak apa-apa, itu hanya sekedar ujian." Anak-anak itu diciptakan untuk sesuatu yang lebih besar lagi dalam hidup ini.

Katakan pada mereka, tidak penting berapapun nilai ujian mereka, kita mencintai mereka dan tak akan menghakimi mereka.

Lakukanlah ini, dan di saat itu, lihatlah anak kita menaklukkan dunia. Sebuah ujian atau nilai rendah takkan mencabut impian dan bakat mereka.

Dan mohon, berhentilah berpikir bahwa hanya PNS, dokter dan insinyur yang bahagia di dunia ini. Semua berhak bahagia, termasuk anak kita. Mari kita hargai apapun nilai mereka, tengoklah nilai anak kita dari yang tertinggi, bukan yang terendah. Sambutlah kepulangan mereka dengan tatapan senyum dan cinta.

Hormat Saya
Kepala MTs PPM Subulussalam


PISMARDI, Lc

0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih Banyak Atas Komentarnya... Jangan Lupa Baca Artikel Yang Lain Ya.... :)