handphone-tablet

Wednesday 25 August 2010

CD PROGRAM TENTANG KE-INDONESIA-AN BERBAHASA ARAB EDISI II

Setelah sukses CD Program Tentang Ke-Indonesia-an berbahasa Arab Edisi I, saya sekarang Alhamdulillah sudah menyelesaikan Edisi ke-IInya. Dalam membuat edisi kedua ini saya mendapat dorongan semangat dan masukan dari teman-teman, kepada teman-teman semuanya saya ucapkan terima kasih. Dorongan semangat yang sangat berkesan bagi saya adalah dari saudara Khalid seorang warga Arab Saudi, kira-kira artinya dalam bahasa kita:” saya sangat cinta sekali kepada Indonesia dan orang Indonesia. Sebuah bangsa yang rakyatnya sangat kreatif dan generasi mudanya yang penuh dengan berbagai kreatifitas”.

Dalam edisi II ini saya akan mencoba membuatnya seperti yang disarankan oleh teman-teman. Di edisi II ini saya menggunakan 3 buah lagu yaitu Indonesia Raya, instrument dari Lagu Takdir Cinta dan instrument I don’t Like To Sleep Alone…. J.

ini adalah tampilan dari halaman pertama.

Setelah anda klik دخول maka akan muncul halaman seperti di bawah ini dan otomatis lagu Indonesia Raya akan berkumandang, Lagu tersebut akan tetap berkumandang sekali saja dan tidak di ulang serta tidak bisa anda matikan. Disini saya mewajibkan anda untuk mendengarnya, karena saya merasa sudah jarang kita mendengar lagu ini. Padahal dulunya kita selalu mendengarnya setiap hari senin pada waktu upacara bendera. Lagu Indonesia Raya ini saya stel khusus hanya untuk halaman ini saja, hal ini berbeda dengan edisi I yang instrumentnya hidup disetiap halamannya.

Sesuai dengan usulan teman di Indonesia yang tidak bisa bahasa Arab, setiap tombol yang akan kita tekan secara otomatis akan keluar bahasa indonesianya seperti gambar diatas dan di bawah ini. Hal ini supaya memudahkan teman-teman yang tidak bisa berbahasa Arab ( terima kasih yah usulnya…. )



Halaman ini adalah halaman utamanya. Disana ada 3 pilihan seperti yang nampak diatas, hanya dengan meletakkan cursor mouse kita ke tombolnya kita sudah bisa melihat halaman apa selanjutnya (seperti yang tampak di gambar atas). Jika kita klik maka kita akan sampai ke halaman tersebut.

CD Program ini saya bagi kedalam 3 bagian, yaitu bagian video, gambar dan artikel. Saya akan coba terangkan satu persatu.

Bagian Pertama.Gambar diatas ini adalah tampilan halaman pertama dari halaman video, di halaman ini ada sekitar 15 video yang bermacam-macam. Sesuai dengan usulan dari teman-teman juga. Di edisi II ini saya lebih memudahkan dalam pemutaran video ini, yaitu ketika judulnya di tekan maka videonya akan hidup di halaman yang sama (seperti yang nampak diatas)jadi tidak pindah halaman seperti edisi I yang kadang membuat ribet kata teman-teman. (Ribet apa rebut. Ha ha ha…J). Jika anda ingin melihatnya dengan layar penuh atau fullscreen silahkan klik videonya dan jika ingin kembali silahkan klik lagi videonya.

Kalau kita perhatikan lagi halaman video diatas kita akan menemukan 2 judul dengan tombol berwarna biru. Itu memang saya sediakan khusus karena videonya menurut saya masuk dalam kategori sangat penting walaupun semuanya juga penting.

Tombol yang pertama diatas isinya video tentang ekonomi Indonesia, seperti yang nampak diatas. Di halaman ini ada 4 video, 2 video iklan tentang trade expo Indonesia tahun 2008 dan 2009 sedangkan 2 videonya lagi tentang Produksi Indonesia atau bahasa kerennya Produk-produk yang di buat oleh tangan-tangan Indonesia asli 100 %. Mulai dari yang terbesar seperti alat-alat militer sampai hal-hal kebutuhan kita sehari-hari. Misalnya Laptop, HP, Rice Cooker, Alat-Alat Elektronik dengan berbagai jenis dan produk makanan. Tujuan saya memasukkan diantaranya supaya kita tahu apa saja yang dibuat oleh tangan-tangan Indonesia dan juga memudahkan kita nantinya untuk membeli. Pertanyaannya sekarang. Apa Produksi Indonesia yang kita gunakan? Ayo mulai tengok kamar kita apa saja produksi Indonesia yang ada di kamar kita? Jika yang banyak kita gunakan produksi bukan Indonesia, mari kita mulai mengantinya dengan produksi Indonesia. INGAT dengan membeli Produksi Indonesia kita sudah membantu Negara kita dalam menciptakan ribuan lapangan kerja untuk saudara-saudara kita.

Oke saya akan mulai dari diri saya sendiri, saya selalu minum dengan gelas buatan Indonesia dan Tehnya dari Kenya (karena tidak ada teh dari Indonesia di Mesir). Saya suka beli Indomie, bukannya hanya suka karena enak tapi saya kalau makan Indomie selalu membayangkan wajah cerah orang Indonesia yang bekerja di Pabrik Indomie. Walaupun saya tahu indomie yang di jual di Mesir dibuat di Mesir dan bukan di datangkan dari Indonesia. Memang pabriknya di Mesir tapi pemiliknya kan orang Indonesia. Long Live Indomie…………….. he he he.

Produksi Indonesia yang lainnya yang saya pakai yaitu pakaian saya yang di kirim oleh keluarga di kampung. Sedangkan yang lain-lain saya masih pakai produksi asing, misalnya laptop dan HP saya produksi China. Sedangkan teman saya monitor komputernya POLYTRON… Indonesia sejati.

Halaman disamping ini berisi video tentang cara belajar bahasa Indonesia ditambah dengan satu video kosakata arab Indonesia.

Bagian kedua adalah halaman slideshow gambar-gambar tentang Indonesia yang saya bagi kedalam 15 bagian judul. Slideshow ini tidak jauh berbeda dengan edisi pertama, perbedaannya cuma saya hanya memberi 1 instrument saja untuk semua slideshownya yaitu instrument dari lagu Takdir Cinta. Jika instrumentnya sudah selesai maka akan di ulang lagi dari pertama. Jadi tidak usah takut instrumentnya habis slideshownya masih jalan.






Bagian ketiga adalah artikel tentang Indonesia berbahasa Arab, artikel yang seperti yang tampak digambar.

Halaman ini berisi artikel yang ada di edisi I ditambah dengan beberapa artikel yang baru saya dapatkan. Semua artikelnya berbentuk pdf kecuali satu tentang belajar bahasa Indonesia yang berbentuk powerpoint, jika program pdf tidak terinstal di computer anda silahkan klik tombol hijau yang terletak dibagian atas untuk menginstal program pdf.

Halaman yang tidak kalah pentingnya yaitu tentang kami, halaman ini harus anda baca dan taati peraturannya. Seperti yang tampak di bawah.

Jika anda ingin keluar dari program ini, anda tidak bisa lagi seperti di edisi I yang bisa keluar dari halaman manapun. Sebagaimana pepatah minang mengatakan “ bajanjang naiak batanggo turun (ada jenjang untuk naik dan ada tangga untuk turun). Di edisi II ini anda harus mematuhi peraturan yang saya buat (diktator dikit bolehkan… he he he).

Jika anda ingin keluar saya tidak lagi menyediakan tombol di kanan atas tetapi anda harus kembali ke halaman pertama dan harus mendengar lagu Indonesia Raya. Tidak cukup hanya itu, ketika anda klik keluar anda harus pula menjawab pertanyaan( di interogasi kwkwkwkwkwk….)

Setelah anda klik yes, anda saya paksa lagi untuk melihat poto Presiden Soekarno dan teman-temannya pendiri Negara Non Blok sambil mendengar lagu Rasa Sayange… (pemaksaan yang beruntun… he he he).

Sebenarnya saya tidak memaksa anda untuk melakukan semua itu tapi anda tidak ada pilihan lain untuk keluar kecuali sesuai dengan peraturan yang saya buat. Kenapa saya buat seperti itu? Supaya telinga kita akrab lagi dengan lagu Indonesia Raya yang biasa kita kenal, barangkali karena kita sudah tidak pernah upacara bendera lagi jadi lupa dengan lagu kebangsaan kita. Semoga aja tidak.

Sedangkan saya pasang poto Mantan Presiden Soekarno kita supaya orang Mesir yang lihat juga ikut senang karena ada presidennya disana, hehehe…. Kan orang Mesir lebih suka yang kayak beginian apa lagi dipuji nanti anaknya dinikahkan sama ente…… hahahahaha…..

Sedangkan lagu Rasa Sayange, tujuan saya supaya kita kembali akrab dengan lagu daerah kita tersebut walaupun sudah ada Negara yang mengklaimnya bukan berarti kita tidak boleh mendengarnya lagi. Kita harus tetap nyanyikan dan kita ajarkan kepada generasi selanjutnya. Mari kita lestarikan budaya kita.

Masalah pemaksaan mendengar lagu Indonesia Raya ini saya dapat ide dari gedung Knesset Israel. Kata orang (saya belum pernah masuk kesana) di pintu ruangan Knesset tersebut ada peta wilayah Israel dari sungai Furat di Irak sampai sungai Nil di Mesir. Setiap yang masuk harus menundukkan kepalanya untuk menghormati peta tersebut. Untuk mengantisipasi orang-orang yang tidak menunduk nantinya (disini unsur pemaksaan) di buatlah pintunya rendah, sehingga yang masuk otomatis menunduk, jadi tidak perlu lagi di suruh menunduk.

Terkait masalah “pemaksaan” dalam program ini, anda bisa keluar tanpa mendengar lagu Indonesia Raya ( jika anda bisa menemukan caranya..) tapi anda harus dan wajib mendengar lagu RASA SAYANGE…. J

Inilah ulasan tentang CD Edisi II, saya sangat mengharapkan kritik dan saran dari teman-teman. Jangan sungkan untuk memberi kritik, karena satu kritik anda bisa menciptakan seribu kemajuan. Bagi yang berminat bisa mendapatkannya seperti biasa yaitu GRATIS. Filenya belum saya upload, kalau yang dekat silahkan datang ke rumah, saya merasa sangat gembira jika teman-teman bersedia mampir ke gubuk saya. Bagi teman-teman yang jauh nanti setelah saya upload sayak akan kirimkan linknya.

Terakhir saya ucapkan terima kasih karena sudah mau menikmati karya saya dan selamat berpuasa dengan mengisi bulan Ramadhan ini dengan kegiatan yang bermamfaat.






0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih Banyak Atas Komentarnya... Jangan Lupa Baca Artikel Yang Lain Ya.... :)

fashion wanita