Thursday, 26 May 2011

RI-Mesir Dorong Negara GNB Dukung Palestina

Nusa Dua, Bali - Indonesia dan Mesir berupaya mendorong negara-negara anggota Gerakan Non Blok (GNB) yang belum mengakui Palestina untuk memberikan dukungan dan pengakuannya.

Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa, di Nusa Dua, Selasa malam mengatakan dalam pertemuan bilateral dengan Menlu Mesir Nabil Abdalla El-Araby disela-sela Konferensi Tingkat Menteri (KTM) ke-16 GNB, kedua pihak membahas tentang bagaimana kedua negara dapat bermitra untuk bisa memajukan proses perdamaian dan memberikan dukungan yang lebih konkret lagi terhadap Palestina.

Menurut Marty, Indonesia dan Mesir sepakat untuk berbagi tugas guna mendorong negara-negara di masing-masing kawasan yang belum memberikan pengakuan terhadap Palestina, untuk dapat segera mengakui Palestina.

"Jadi kami memilah negara-negara di kawasan yang belum mengakui Palestina dan kita akan berbagi tugas untuk mendorong negara-negara tersebut untuk segera memberikan pengakuan pada Palestina," katanya setelah pertemuan bilateral dengan Menlu Mesir.

Ia mengatakan, GNB selama ini sangat konsisten mendukung Palestina. Namun, masih ada 29 negara anggota GNB yang belum mengakui Palestina atas berbagai alasan. Negara yang belum mengakui Palestina ini diantaranya adalah negara anggota ASEAN.

Menlu berharap KTM ke-16 GNB di Bali menjadi momentum baru agar negara yang belum mengakuai Palestina untuk dapat memberikan pengakuan.
"Harapan kita menciptakan momentum baru kearah ini, dengan Indonesia dan Mesir bekerjasama sebagai mitra mendorong negara-negara yang belum melakukan itu (mengakui Palestina -red) untuk melakukan itu," katanya.

Selain itu Marty juga mengatakan perlu diupayakan langkah-langkah di PBB sendiri untuk memperjuangkan pengakuan terhadap Palestina yang dengan mendapatkan pengakuan sebanyak mungkin dari negara-negara anggota PBB.

Sementara itu, pada hari kedua KTM ke-16 GNB di Bali, Menlu RI melakukan sejumlah pertemuan bilateral. Selain dengan Menlu Mesir, Marty juga bertemu denbgan Menlu Korea Utara Pak Ui Chun.

Dalam pertemuan dengan Menlu Mesir, juga dibahas tentang upaya peningkatan hubungan antara Indonesia dan Mesir.

"Selama ini hubungan Indonesia dan Mesir sangat erat dan kedua Menlu berketetapan untuk meningkatkan hubungan ini ke level yang lebih tinggi," jelas Marty.(AntaraNews)

0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih Banyak Atas Komentarnya... Jangan Lupa Baca Artikel Yang Lain Ya.... :)