Saturday, 9 July 2011

RI Buat Batik untuk 3 Presiden Amerika Latin

Pakaian batik asal perancang kenamaan Indonesia, Oscar Lawalata, akan dipakai oleh tiga kepala negara Amerika Latin. Batik ini dirancang sesuai dengan karakteristik negara masing-masing.
Batik-batik ini akan diberikan kepada presiden Argentina, Brasil, dan Paraguay. Karya Oscar itu akan diserahkan langsung oleh Duta Besar Indonesia untuk Argentina, Nurmala Kartini Sjahrir.
Ditemui di Jakarta, Jumat, 8 Juli 2011, Nurmala mengatakan batik-batik ini akan menjadi alat promosi memperkenalkan budaya Indonesia.

Batik ini diharapkan dapat dipakai oleh para kepala negara saat menghadiri pameran internasional "Feria de Las Naciones" (Pameran Bangsa-bangsa) di Buenos Aires, Argentina, 11-21 November mendatang. Namun, sebelum itu, perlu ada penyesuaian terhadap pakaian batik agar cocok dengan budaya setempat.

"Modelnya sedang kami carikan," ujar Nurmala.
Perancang, Oscar Lawalata, mengatakan perlu waktu baginya untuk mempelajari dulu karakteristik warna dan pakaian keseharian di Amerika Latin, khususnya Argentina.
"Saya akan lihat dulu bagaimana gaya hidup, warna-warna dan motif di negara itu. Jadi mereka dapat terbawa dan mau memakainya," kata Oscar.

Oscar mengatakan kendati berpotongan ala Amerika Latin, namun motif dasar dari batik tersebut tetap asli khas Indonesia. Hal ini untuk memberikan pengenalan maupun ciri dari busana Indonesia.

Pakaian batik karya Oscar Lawalata juga akan turut dalam pagelaran busana di pameran internasional tersebut. Sebanyak lebih dari 30 karyanya akan dipakai oleh para model negara tersebut dan disaksikan oleh para perancang luar negeri.

Sumber :


0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih Banyak Atas Komentarnya... Jangan Lupa Baca Artikel Yang Lain Ya.... :)