Thursday, 25 August 2016

Bersama demi anak kita

PPM Subulussalam merupakan sebuah lembaga pendidikan yang didirikan demi untuk menciptakan generasi yang cerdas, terampil dan mandiri. Untuk mencapai tujuan tersebut, kedisiplinan merupakan kunci utama yang harus dimiliki oleh seorang santri. Tanpa kedisiplinan yang tinggi dan semangat yang kuat maka santri tidak akan mampu untuk melewati “masa-masa sulit” di Pesantren.

Di PPM Subulussalam semua kegiatan di jadwalkan, mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Kegiatan padat siang dan malam, begitulah kehidupan di pesantren sampai mereka tamat dan siap berkiprah di masyarakat kelak.

Pada awal tahun, biasanya santri baru “kaget”. Kaget dengan aktifitas tinggi yang belum terbiasa di rumah mereka lakukan, kaget dengan lingkungan baru yang baru mereka lalui. Berbagai tantangan dan rintangan yang mereka lalui di hari-hari pertama di Pesantren. Maka tidak heran, ada santri yang menangis karena teringat orang tua. Bahkan ada yang minta pindah karena tidak bisa jauh dari orang tua.

Menurut ibu Elia Daryati, seorang Psikolog dari Bandung yang datang ke PPM Subulussalam sebagai pemateri pada acara Seminar Parenting orang tua(18/8). Beliau mengatakan bahwa satu bulan pertama merupakan masa frustasi bagi santri baru. Pada masa-masa ini banyak santri yang tidak mampu untuk bertahan. Pada bulan kedua dan ketiga santri baru memasuki masa Adaptasi. Dimasa inilah santri sudah mulai “berdamai” dengan keadaan, santri sudah mulai bisa memahami keadaan yang ada dan sudah mulai bisa menyatu dengan lingkungan sekitar. oleh sebab itu, maka perlunya kita bangun kemitraan antara PPM Subulussalam dan orang tua santri. karena pendidikan anak tidak cukup dengan orang tua menitipkan saja anaknya ke Pesantren. Tetapi perlu kerjasama kita bersama.

Jika ada keluhan-keluhan dari santri baru, itu suatu yang lumrah. Diharapkan kepada orang tua santri tidak menanggapi terlalu berlebihan. Biarkan anak kita melewati masa-masanya di pesantren. Kuatkan anak kita, beri mereka semangat. Mudah-mudahan mereka berhasil sesuai dengan yang kita inginkan bersama. Insya Allah.
Lubuk Pandan, 25 Agustus 2016

1 comment:

  1. Hafiz, linkmu sudah terpasang tuh coba cek aja. Link balik ya Fiz.

    ReplyDelete

Terima Kasih Banyak Atas Komentarnya... Jangan Lupa Baca Artikel Yang Lain Ya.... :)