Friday, 2 October 2009

Merokok Sebabkan Miskin Tujuh Turunan?

DETIKPOS.net - Merokok bukan hanya merusak kesehatan, tapi juga membuat orang menjadi miskin. Orang tua miskin yang banyak menghabiskan duitnya untuk membeli rokok mengorbankan kesehatan dan pendidikan anaknya. Uang untuk merokok seharusnya bisa dialihkan untuk biaya pendidikan dan makanan yang bergizi bagi keluarga.

Demikian disampaikan Kepala Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Sony B. Harmadi di Jakarta, Rabu (22/7). Menurut dia, kemiskinan akibat merokok berpotensi terjadi dari generasi ke generasi.

Penelitian yang dilakukan Lembaga Demografi FEUI mendapatkan fakta, pada rumah tangga perokok pengeluaran rokok dan daun sirih perbulan sama dengan 17 kali untuk pengeluaran daging, 15 kali untuk pengeluaran biaya kesehatan, sembilan kali untuk pengeluaran pendidikan, lima kali untuk pengeluaran susu dan dua kali untuk ikan. Dari data itu banyak sekali kesempatan yang hilang karena pengeluaran digunakan untuk membeli rokok.

"Selain itu dari penelitian kami, jika ayah merokok maka anak juga akan merokok. Dan kemiskinan juga akan terus berlanjut karena kualitas SDM anak rendah," terangnya.

Sony menuturkan, dirinya pernah menemukan seorang anak yang terpaksa harus putus sekolah karena sebagian besar uang ayahnya digunakan untuk merokok. Anak itu harus bekerja dan tetap hidup dalam kemiskinan. Kelak ketika besar dan memiliki keturunan kejadian yang sama akan terulang kembali.

Untuk mengatasi hal itu, kata Sony, mata rantai yang ada harus diputus. Pemutusan dilakukan dari generasi yang lebih muda. "Pemerintah dapat mengadakan program memberi bantuan sekolah gratis, tapi dengan catatan orang tua tidak boleh merokok. Anak pun diawasi agar tidak merokok," jelas dia.

"Perketat juga iklan rokok agar anak tidak terpapar iklan itu. Jika mata rantai berhasil diputus, dana yang ada bisa digunakan untuk hal lain yang lebih berguna." tambahnya.

Sumber: Kompas.com

0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih Banyak Atas Komentarnya... Jangan Lupa Baca Artikel Yang Lain Ya.... :)