Thursday, 8 October 2009

Pembangunan Jaringan Kereta Api Bawah Tanah 2010

Jakarta, 5/10 (ANTARA) - Pembangunan jaringan kereta api bawah tanah (Mass Rapid Transportation /MRT) di Jakarta akan dimulai tahun 2010 mendatang.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo dalam keterangan pers di Jakarta, Senin, MRT ini akan terbentang sejauh 14,5 km antara Lebak Bulus di Jakarta Selatan dan Dukuh Atas di Jakarta Pusat serta berdaya dorong tenaga listrik.

Proyek MRT ini diajukan sebagai salah satu upaya untuk menanggulangi masalah kemacetan lalu lintas yang kerap terjadi di Jakarta.

"Selain itu, untuk persimpangan jalan yang padat lalu lintasnya, akan dibangun terowongan (underpass) atau jembatan layang (flyover)", tuturnya.

Gubernur juga menambahkan bahwa untuk menambah jaring jalan tidak ada pilihan lain selain membangun jalan bertingkat.

Sejak terpilih pada 7 Oktober 2007, ada dua hal yang menjadi prioritas utamanya yaitu mengurangi banjir dan menangani kemacetan di Kota Jakarta.

"Dua hal penting ini harus ditangani karena keduanya sangat berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi di Jakarta," kata Gubernur.

Kemacetan lalu lintas telah menjadi masalah klasik yang terjadi di Jakarta. Terus bertambahnya jumlah mobil dan motor tidak diimbangi dengan penambahan ruas jalan. Belum lagi permasalahan yang juga mendera sarana angkutan umum.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, seperti yang tercantum dalam rilis tersebut, menangani masalah itu dengan cara yang terpadu. Yaitu dengan meningkatkan kapasitas daya angkut bagi layanan bus transjakarta dan sistem angkutan kereta api lingkar dalam kota (dari Manggarai ke Tanah Abang, kemudian ke Kota, Tanjung Priok kembali ke Senen, Jatinegara, serta Jabodetabek).

Selain itu untuk menanggulangi masalah banjir, Pemerintah DKI telah membangun proyek Banjir Kanal Timur (BKT) yang dijamin selesai pada 2010 mendatang.

Menurut Gubernur, dengan selesainya proyek BKT pada 2010 ini, diharapkan banjir di kawasan timur dan utara kota Jakarta, atau sepertiga luas Jakarta tidak separah tahun-tahun sebelumnya.

"Kami akan terus bekerja keras agar Jakarta yang nyaman dan sejahtera untuk semua dapat terwujud", tandas Gubernur.(*)

Sumber: Antaranews.com

0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih Banyak Atas Komentarnya... Jangan Lupa Baca Artikel Yang Lain Ya.... :)