Thursday, 8 October 2009

"Prambanan Sunrise", Matahari Terbit dari Balik Candi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko Yogyakarta menawarkan paket "Prambanan Sunrise" kepada wisatawan nusantara dan mancanegara.

"Wisatawan dapat menikmati matahari terbit dari balik bangunan Candi Prambanan," kata Direktur Pemasaran dan Pengembangan PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko Yogyakarta, Agus Cany, Rabu (7/10).

Ia mengatakan pihaknya memberikan pilihan objek wisata baru kepada wisatawan, yaitu melihat matahari terbit di Candi Prambanan yang letaknya di perbatasan wilayah DIY dan Jawa Tengah.

"Kalau Taman Wisata Borobudur di Magelang,Jawa Tengah memiliki paket wisata ’Borobudur Sunrise”, yaitu menyaksikan matahari terbit dari atas bangunan Candi Borobudur, maka ’Prambanan Sunrise’ memiliki kelebihan, yaitu matahari seakan-akan terbit dari balik Candi Brahma, Siwa dan Wisnu," katanya.

Paket wisata "Prambanan Sunrise" ini rencananya diluncurkan pada 1 November 2009 di pelataran kompleks Candi Prambanan.

Menurut dia, menyaksikan matahari terbit di pelataran Candi Prambanan ini lebih menarik dan eksotis dibandingkan melihat matahari terbit di Angkor Wat Kamboja. Meski sama-sama melihat matahari terbit, lebih menarik di Candi Prambanan.

"Saya yakin paket wisata ’Prambanan Sunrise’ akan menarik minat wisatawan mancanegara dan nusantara," katanya.

Kepala Unit Teater dan Pentas PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko Yogyakarta Joko Sutono mengatakan paket wisata ini dijual kepada wisatawan mancanegara dan nusantara Rp 250.000 per orang dengan fasilitas tiket masuk Candi Prambanan dan makan pagi. "Wisatawan yang memesan paket wisata ’Prambanan Sunrise’ minimal dua orang," katanya.

Ia mengatakan wisatawan yang membeli paket wisata ini harus sudah datang di panggung terbuka Candi Prambanan sebagai tempat melihat matahari terbit pada pukul 05.00 WIB.

"Wisatawan kemudian menunggu matahari terbit dengan menikmati minuman teh, kopi dan makanan kecil, sedangkan pada pukul 05.50-06.00 WIB mereka diajak berjalan kaki mengunjungi bangunan Candi Prambanan," katanya .

Wisatawan kemudian diajak menikmati makan pagi di "Prambanan Garden Resto" pada pukul 07.25-07.25 WIB kemudian dilanjutkan kunjungan ke objek wisata lainnya seperti Taman Wisata Ratu Boko.

Sumber: kompas.com

0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih Banyak Atas Komentarnya... Jangan Lupa Baca Artikel Yang Lain Ya.... :)