Friday, 20 November 2009

RI-Bulgaria Tandatangani Persetujuan Kerja Sama Ekonomi

London (ANTARA News) - Indonesia dan Bulgaria menandatangani persetujuan kerja sama bidang ekonomi dan persetujuan bebas visa pemegang paspor diplomatik dan dinas.

Hal itu merupakan salah satu hasil kesepakatan yang dicapai kedua negara dalam Forum Konsultasi Bilateral RI-Bulgaria dan pertemuan konsultasi bidang ekonomi RI?Bulgaria, ujar jurubicara Direktorat Eropa Tengah dan Timur Deplu, Indra Agustini kepada koresponden Antara London, Jumat.

Dalam pertemuan tersebut, delegasi RI dipimpin Dirjen Amerika dan Eropa Deplu, Dubes Retno L.P. Marsudi sedangkan delegasi Bulgaria untuk Forum Konsultasi Bilateral dipimpin Marin Raykov, Deputi Menlu Senior Bulgaria, sementara untuk Konsultasi Ekonomi oleh Evgeny Angelov, Deputi Menteri Ekonomi, Energi dan Pariwisata.

Dengan penandatangan Persetujuan Kerja sama Ekonomi, maka pelaksanaan Joint Commission on Economic Cooperation akan dapat dilakukan tahun depan.

Terkait dengan pelaksanaan Joint Commission ini, kedua Negara juga sepakat untuk membentuk Working Group on Energy and Agriculture.

Selama pertemuan, kedua Negara sepakat untuk meningkatkan kerjasama ekonomi di bidang energi dan pertanian.

Bulgaria menyampaikan ketertarikannya untuk membeli batubara dari Indonesia. Salah satu perusahaan terbesar Bulgaria, Xinagon akan membeli batubara dari perusahaan batubara Indonesia di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Di bidang pertanian, Bulgaria menanggapi secara positif keinginan Indonesia untuk ekspansi pasar produk pertanian Indonesia ke Eropa yaitu antara lain cacao, kopi, vanilla, lada hitam dan lada putih.

Bulgaria juga tertarik untuk membeli produk palm oil dari Indonesia dan menawarkan kerjasama pembangunan terminal Palm Oil di kawasan Black Sea Ports Bulgaria.

Perdagangan kedua negara menunjukkan trend positif setiap tahunnya, pada 2008, nilai perdagangan meningkat secara signifikan sebesar 78 persen dari 49,13 dolar AS tahun 2007 menjadi 87,76 juta dolar AS tahun 2008.

Kedua negara sepakat untuk meningkatkan hubungan perdagangan langsung antara lain melalui Kerjasama Antar Kamar Dagang.

Pada pertengahan 2009, untuk pertama kalinya Bulgaria membeli kopi secara langsung ke Indonesia dan untuk pertama kalinya juga delegasi 20 pengusaha Bulgaria berpartisipasi dalam Pameran Produk Ekspor di Jakarta, Oktober lalu. (*)

Sumber: Antaranews.com


0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih Banyak Atas Komentarnya... Jangan Lupa Baca Artikel Yang Lain Ya.... :)