Wednesday, 4 January 2012

Peran Penting Indonesia Di Asean

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Marty Natalegawa memaparkan pernyataan pers tahunannya hari ini. Dalam paparannya, menlu menyebutkan peran penting Indonesia sebagai Ketua Asean 2011.

"Di bidang politik dan keamanan, Indonesia telah menguatkan pengelolaan konflik dalam kawasan Asean. Semasa kepemimpinan Indonesia, untuk pertama kalinya Asean terlibat langsung dalam pengelolaan konflik," ungkap Menlu dalam pernyataan pers dengan tema "Refleksi 2011 Prediksi 2012" di Jakarta, Rabu (4/1/2012).

Menlu juga menyebutkan bahwa Indonesia senantiasa menunjukkan kontribusi positif dalam isu demokrasi di kawasan Asean. Tak lupa Indonesia juga mendukung upaya pengajuan Myanmar bagi keketuaan Asean berikutnya.

"Sebagai ketua Asean telah mampu mengelola konflik di Laut china selatan melalui kesepakatan dengan Pemerintah Tiongkok (guidelines). Hal tersebut tidak hanya memperlihatkan kemajuan dalam proses perundingan namun menunjukkan komitmen Indonesia untuk menyelesakan konflik Laut China Selatan," imbuh menlu.

Mantan Dubes RI untuk Inggris ini menambahkan, dalam krisis ekonomi Eropa, keketuaan Indonesia di Asean telah mengupayakan agar krisis ekonomi tidak terbawa ke Asia Tenggara, Asia Pasifik, dan Asia Timur.

Berbagai inisiatif juga dilakukan di antaranya melakukan perjanjian Asean+3 (Asean plus three) dalam upaya menjamin ketersediaan dan membangun ketahanan pangan

"Selama menjadi Ketua Asean, Indonesia juga telah berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang merata. Di bidang sosial dan budaya, Indonesia berperan dalam memajukan masyarakat Asean yang lebih peduli dengan sesama," jelasnya.

Masalah bantuan bencana juga tidak luput dari Indonesia. Sebagai contoh, negara anggota Asean memobilisasi bantuan pada saat terjadi gempa bumi di Jepang, dengan menggelar pertemuan menlu-menlu negara Asean dengan menlu Jepang.

Sumber : Oke Zone

0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih Banyak Atas Komentarnya... Jangan Lupa Baca Artikel Yang Lain Ya.... :)