Thursday, 24 September 2009

Presiden akan Jadi Pembicara di Pertemuan G-20

Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menjadi pembicara dalam pertemuan tingkat kepala negara dan kepala pemerintahan Kelompok G-20 yang berlangsung di Pitsburgh AS pada 24-25 September 2009.

Juru Bicara Kepresidenan Dino Patti Djalal sebelum keberangkatan Presiden Yudhoyono di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Rabu mengatakan Presiden Yudhoyono akan tampil untuk membahas masalah lingkungan hidup.

"Presiden Yudhoyono akan menjadi lead speaker mengenai perubahan iklim, dengan salah satu poin utama yang akan disampaikan bahwa di tengah krisis global jangan melupakan urusan yang lebih besar yaitu dampak perubahan iklim," kata Dino .

Tema itu juga disampaikan Presiden berkaitan dengan pertemuan soal perubahan iklim di Kopenhagen Denmark Desember mendatang.

Selain itu, Presiden dalam pidatonya juga akan menyampaikan keinginan Indonesia agar kelompok G-20 ini menjadi lembaga permanen.

"Jangan setelah tidak ada krisis maka kelompok ini menghilang. G-20 bisa jadi suatu forum permanen dan terus jalan seperti G-7B atau G-8, karena forum G-20 ini lebih merefleksikan bahwa perubahan ekonomi dunia tidak lagi diatur AS, Eropa dan Jepang," kata Dino .

Setelah pertemuan G-20 pada 26 September Presiden akan ke Boston untuk melakukan pertemuan dengan sejumlah pengusaha Amerika Serikat dan akan melihat presentasi mengenai energi terbarukan.

"Presiden juga akan memberikan pidato di Universitas Harvard dengan tema 'Harmony among Civilization' yaitu bagaimana misi Presiden SBY di abad 21 tidak perlu ada perbenturan peradaban atau agama tetapi kita bisa mencapai satu abad dimana akan ada harmoni atau toleransi antar semua peradaban dan agama," katanya.

Dijelaskan Dino, pertemuan G-20 ini penting bagi kepentingan Indonesia, bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia, bagi kesejahteraan rakyat dan ekonomi dunia.

Di sela-sela pertemuan itu, Presiden juga dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara dari Jepang, Australia dan Thailand. (*)
Sumber: http://antaranews.com/berita/1253688640/presiden-akan-jadi-pembicara-di-pertemuan-g-20

0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih Banyak Atas Komentarnya... Jangan Lupa Baca Artikel Yang Lain Ya.... :)